12 Jul 2017
Lomba 5R Meja Kerja Di Kantor PGNMAS, 12 Juli 2017

PT. Permata Graha Nusantara (PGNMAS) dengan spesialisasi di bidang pengelolaan asset dan service management memberikan apresiasi bagi pekerjanya yang mengaplikasikan 5R di meja kerjanya sebagai wujud Profesionalisme perusahaan yang memulai dari hal paling dasr di setiap individu. Hal tersebut yang mendasari loma foto 5R periode 11 Juli sampai dengan Agustus 2017, mari berpartisipasi.

 

 

Berikut kami sharing informasi mengenai pengertian dan penerapan 5R di tempat kerja.

5R

 

Pengertian Umum 5R merupakan suatu budaya kerja yang diyakini mampu untuk meningkatkan mutu produksi atau pelayanan sekaligus meminimalkan biaya produksi melalui pengelolaan tempat kerja yang optimal, nyaman dan aman.

 

Dinegara asalnya yaitu Jepang, 5R dikenal dengan sebutan 5S adalah suatu kegiatan mengelola tempat kerja agar menjadi lebih optimal, juga dikenal dengan istilah “Housekeeping”.

 

Pengertian 5R merupakan budaya tentang bagaimana seseorang memperlakukan tempat kerjanya secara benar dalam memelihara dan menjaga tempat kerja agar tertata rapi, bersih dan tertib sehingga dapat diciptakan kemudahan, keamanan dan kenyamanan dalam bekerja.

 

 Yang dimaksud dengan 5S/5R adalah :

  1. Seiri/Ringkas : Menyingkirkan barang-barang yang tak diperlukan dari tempat kerja atau memisahkan barang yang diperlakukan dengan barang yang tidak diperlukan.
  2. Seiton/Rapi : Membenahi dan menstandarisasi tempat penyimpanan barang-barang atau setiap barang-barang yang berada ditempat kerja mempunyai tempat yang pasti.
  3. Seiso/Resik : Mewujudkan tempat kerja yang bersih dengan cara menyingkirkan yang tidak perlu dan memelihara tempat kerja dengan pemeriksaan secara teliti.
  4. Sheiketsu/Rawat : Mengusahakan agar tempat kerja yang sudah menjadi baik dapat selalu terpelihara.
  5. Shitsuke/Rajin : Kebiasaan yang harus dibina agar dapat terjaga dan meningkatkan apa yang sudah baik. Prinsip Rajin : “Lakukan apa yang harus dilakukan dan jangan melakukan apa yang tak boleh dilakukan”

 

 

Penerapan 5R secara umum : Penerapan 5R di dalam suatu perusahaan sangatlah diperlukan, karena fungsi 5R sangat luas dan sangat dibutuhkan dalam membangun suatu perusahaan agar dapat maju dan berkembang serta dapat membentuk citra positif sebagai suatu perusahaan.

 

 Penerapan 5R dapat dilakukan antara lain :

  1. 5R untuk diri sendiri
  2. 5R untuk tempat tinggal
  3. 5R di tempat kerja sendiri
  4. 5R di lingkungan Perusahaan.

 

 Pelaksanaan 5R dalam suatu perusahaan dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara :

  1. Team
  2. Individu

 

 Waktu Pelaksanaan 5R dapat dilakukan :

  1. Sebelum di mulainya bekerja.
  2. Setelah selesai bekerja.

 

 Beberapa kegiatan 5R yang perlu diingat antara lain :

  1. Buatlah peraturan dan taatilah peraturan tersebut
  2. Setiap barang punya tempat dan berada di tempatnya.
  3. Bila tidak melakukan sesuatu, tidak akan ada peningkatan.
  4. Bila anda tidak sanggup mengerjakannya sendiri, mintalah bantuan.

 

Pelaksanaan 5R bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari sebuah usaha dalam menjalankan aktifitas pekerjaan di lingkungan pekerjaan. Selain itu pelaksanaan 5R merupakan sarana untuk mencapai Efisiensi, Produktivitas, Kualitas dan Keselamatan Kerja.


Back to news

Contact Us / Site Map / Terms & Conditions / Copyright © 2015 PT PGN MAS
designed and powered by